Nama   : Rizky Abu Rizal

Kelas      : 2KA25

NPM       : 16110157

Manfaat Internet

Internet merupakan salah satu komponen penting dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Manfaat internet ini sangat banyak antara lain :

  1. Salah satu komponen yang banyak digunakan di kegiatan berinternet adalah email. Fasilitas email yang memungkinkan seseorang mengirimkan pesan kepada orang lain di seluruh dunia secara langsung (real time) menyebabkan perubahan pola piker bahwa pertukaran informasi berbasis kertas tidak lagi banyak diperlukan. Sehingga proses berkorespondensi yang dahulu dilakukan dengan menggunakan media kertas (paper) diganti dengan media digital (paperless). Penggunaan email ini akan menjadikan aktivitas kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Fasilitas komunikasi melalui media video dan suara di internet membuat seseorang dapat bergaul lebih mudah dengan kawan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hasilnya banyak sekali terjadi proses perkenalan melalui media chatting, video conferencing, dan lainnya. Tidak jarang, perkenalan itu berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Wow…sebuah revolusi pergaulan di zaman digital.
  3. Halaman web yang dapat diakses di seluruh dunia merupakan sarana ampuh yang dapat digunakan untuk memperluas bidang bisnis sebuah perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan e-commerce untuk keperluan ini. E-commerce  adalah proses kegiatan jual beli biasa, namun tempat transaksinya melalui internet. Jika proses pembayaran dalam transaksi konvemsional (misalnya dipasar) dilakukan secara tunai dengan menyerahkan uang dari tangan ke tangan, maka proses pembayaran transaksi e-commerce dilakukan menggunakan transfer rekening di Bank atau dapat juga dilakukan otorisasi online menggunakan kartu kredit.
  4. Kemajuan teknologi internet menyebabkan dunia bisnis tidak hanya dapat memanfaatkan internet untuk proses jual beli saja. Akan tetapi, juga dapat digunakan untuk mengefisienkan proses manufaktur, penjualan, dan berbagai aspek kegiatan bisnis. Akhirnya, muncullah aplikasi e-bisnis, yaitu aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan basis data koneksi internet untuk mengatur proses bisnis dari hulu ke hilir. Contoh perangkat lunak e-bisnis banyak sekali, antara lain Selling Chain Management (SCM), Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Management (SCM2), E-procurement, dan Enterprise Resource Planning (ERP).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s