Nama     : Rizky Abu Rizal

Kelas      : 2KA25

NPM      : 16110157

Music dari Balik Awan

Kini Anda tidak perlu membawa koleksi lagu Anda kemana-mana, dari berbagai layanan Cloud Computing berbasis musik, alunan merdu penyanyi favorit Anda dengarkan dari mana saja.

Era Cloud Computing akhirnya meluas hingga ke dunia hiburan, termasuk musik. Ya, era Music Cloud  telah dating. Beragam layanan Music Cloud  pun sudah tersedia. Ada yang berbayar, ada pula yang dapat Anda gunakan tanpa harus keluar dana sepeser pun. Beberapa portal besar seperti Google dan Amazon pun tertarik mengembangkan ini.

Demi memuluskan proyek  Music Cloud ini, Google bahkan menyiapkan modal sampai 100 juta dollar AS untuk membeli lisensi musik dari empat perusahaan label teratas di dunia. Layanan Google Music memiliki dua konsep utama, yaitu menjadi digital download store khusus musik dan layanan penyimpanan lagu (digital locker) dengan biaya berlangganan 25 dollar AS pertahun.

Fasilitas digital locker memberikan fasilitas kepada penggna untuk menyimpan koleksi lagu (termasuk yang dibeli di took music Google) sehingga bisa di streaming ke berbagai perangkat. Konsep ini seperti pada umunya layanan Music Cloud yang sudah ada sebelumnya, seperti mSpot, Spotify, ataupun eMusic. Fasilitas untuk melakukan streaming musik ke berbagai perangkat adalah fitur utama yang ditawarkan.

Musik Masa Depan

Jika ditilik, Music Cloud adalah konsep musik di masa depan. Hal itu bukan tanpa alas an karena Music Cloud lebih nyaman daripada musik digital sekarang ini. Musik digital membutuhkan kapasitas simpan data di piranti yang cukup besar, padahal kapasitas besar bisa membuat kerja komputer atau perangkat musik digital melambat. Belum lagi adanya risiko rusak dan koleksi musik hilang.

Hal ini berbeda dengan Music Cloud, karena semua koleksi lagu disimpan di dalam server penyedia layanan tersebut yang diakses melalui jalur internet. Ketika hendak didengarkan, Anda bisa men-streaming lagu tersebut untuk dinikmati lewat beragam perangkat tentunya dengan mengandalkan koneksi internet, baik ke laptop, komputer desktop, maupun ponsel atau tablet.

Ada beberapa metode penyimpanan data lagu di layanan Music Cloud tersebut. Yang pertama adalah meng-upload file musik ke layanan Music Cloud, seperti Audiogalaxy.com. Audiogalaxy akan mendeteksi koleksi lagu yang Anda miliki lewat aplikasi plugin yang di instal ke PC dan menyimpan data-data tersebut kea kun Audiogalaxy yang Anda miliki, ketika hendak dijalankan lewat komputer lain atau lewat tablet dan ponsel, layanan akan men-streaming lagu dari komputer Anda ke server layanan, untuk kemudian menyalurkannya ke perangkat tujuan.

Cara ini memang lebih aman bagi koleksi data Anda dan bagi layanan karena tidak perlu menyimpan data lagu. Namun, cara ini memiliki kelemahan, yaitu komputer tempat file lagu disimpan harus menyala terus-menerus selama lagu ingin diperdengarkan. Selain itu, jika koneksi lambat, kualitas audionya akan menurun karena streaming dilakukan secara bertahap: dari komputer ke server lalu ke perangkat tujuan.

Umumnya layanan Music Cloud adalah layanan gratis, tetapi beberapa layanan juga memberikan layanan premium dengan biaya berlangganan. Biaya ini diberlakukan misalnya untuk memberikan kapasitas simpan lagu yang lebih besar.

Ada juga yang sekaligus berlaku sebagai toko musik digital, lagu didengarkan tidak hanya bisa di-streaming, tetapi juga bisa disimpan dalam perangkat yang digunakan. Layanan seperti ini yang diberikan oleh Spotify Premium, Google Music (yang saat ini baru bisa digunakan oleh pengguna di Amerika Serikat dalam status Beta), dan Amazon Cloud Drive.

Karena menggunakan teknologi Cloud, pastinya layanan ini harus mudah diakses dari beragam perangkat. Umumnya, layanan Music Cloud tidak hanya menyediakan aplikasi client untuk komputer (baik Mac, Windows, dan Linux), tetapi juga dukungan untuk sistem operasi mobile pada smartphone dan tablet. Rata-rata layanan tersebut menyediakan dukungan untuk Android dan iOS, tetapi Anda juga yang menyediakan support untuk Windows Mobile, Symbian, dan bahkan Java.

Artinya Anda bisa menikmati alunan music dari awan kapan saja dan dimana saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s