Nama        : Rizky Abu Rizal

Kelas         : 2KA25

NPM          : 16110157

Mengenal Virus Komputer

Jika Anda sebagai pengguna komputer dengan sistem operasi Windows, tentu pernah merasakan bagaimana repotnya bekerja di komputer yang terkena virus. Komputer rasanya lambat, sehingga bekerja pun menjadi kurang nyaman.

Beberapa programmer-programmer virus juga tidak rela jika program komputernya hanya akan memperberat kinerja memory saja yang menyebabkan performa komputer menjadi lambat. Oleh karena itu, mereka ingin menambahkan penderitaan pengguna komputer dengan cara menyembunyikan file (terutama file dokumen) dan menggantinya dengan file virus tersebut.

Virus komputer adalah sebuah program komputer yang bisa menyalin dirinya sendiri dan menginfeksi komputer tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut, atau dengan kata lain virus komputer adalah program illegal yang masuk dan merusak sistem operasi atau aplikasi di komputer Anda. Yang perlu Anda ingat bahwa virus tidak merusak perangkat Hardware komputer, tapi hanya merusak perangkat lunak saja.

Beberapa virus yang lebih tinggi tingkatnya tidak hanya bisa menyalin dirinya sendiri . virus seperti ini disebut metamorphic virus, atau dalam bahasa Indonesia disebut virus yang bisa berubah wujudnya.

Selain virus, adapun software merugikan sebangsa virus yang terkenal dengan istilah nama Worm dan Kuda Troya (Trojan Horse). Worm adalah aplikasi komputer seperti virus yang dapat disebarkan tanpa harus ada program induk aslinya, sedangkan Kuda Troya adalah file yang terlihat seperti tidak berbahaya namun menjadi berbahaya ketika dieksekusi. Berbeda dengan virus, Kuda Troya tidak memasukkan kode mereka ke file-file komputer lain.

Cara kerja virus komputer yang dapat merusak diantaranya sebagai berikut :

  1. Merusak program aplikasi tertentu.
  2. Menghapus file dan menghilangkannya dari komputer.
  3. Memformat harddisk.
  4. Menyalin file virus ke seluruh folder.
  5. Menampilkan pesan dalam bentuk teks, video ataupun audio.
  6. Menyedot pengalokasian memori komputer, sehingga performa komputer melambat dan terkadang bisa hang/crash atau bahkan kehilangan data.
  7. Mematikan fungsi Task Manager dan Registry Editor.

Perkembangan virus komputer ini sangat cepat. Bahkan pengamat menyatakan bahwa virus-virus baru diciptakan dan muncul tiap hari di internet.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s