Nama     : Rizky Abu Rizal

NPM       : 16110157

Kelas      : 2KA25

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang sangat berbahaya dan mematikan, virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga rusaknya sistem tersebut dapat menyebabkan timbulnya AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang merupakan sekumpulan gejala dan infeksi. HIV sendiri dapat mudah menular melalui kontak langsung terhadap manusia itu sendiri lewat lapisan kulit dalam atau aliran darah, proses penularannya bisa melalui hubungan intim, jarum suntik yang sudah terkontaminasi, transfusi darah, ibu dan anak yang masih dalam kandungan serta menyusui dan masih banyak lagi cara penularan virus tersebut melalui kontak cairan tubuh lainnya.

Perkembangan virus tersebut di Indonesia sangat mengkhawatirkan, pengidap HIV-AIDS terbesar di Indonesia saat ini berusia 15-29 tahun. Menurut sumber sampai Maret 2010, secara akumulatif kasus AIDS di Indonesia mencapai 20.564 kasus, 561 kasus di antaranya adalah kasus baru. Angka tersebut belum dipastikan semuanya yang terkena virus ini, karena masih banyak orang yang belum diketahui apakah orang tersebut sudah terkena virus ini. Masalah ini kembali ke kesadaran kita masing-masing untuk berhati-hati dan sebaiknya memeriksakan kesehatan diri kita. Sampai saat ini belum dipastikan ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit/virus yang berbahaya ini. Tetapi menurut kabar dari luar, bahwa ada 1 orang yang bisa sembuh melawan penyakit/virus ini. Orang yang bernama Timothy Ray Brown adalah orang pertama di dunia yang bisa sembuh dari penyakit/virus HIV, kejadian ini terkesan memang aneh dan mustahil ternyata ada orang yang dapat sembuh total dari penyakit ini.

Berikut ciri ciri HIV pada orang dewasa secara umum :

  1. Batuk kering atau flu yang tidak kunjung sembuh-sembuh
  2. Kulit tersa gatal di seluruh tubuh
  3. Herpes zoster (mirip cacar air, atau disebabkan virus yang juga mengakibatkan cacar air, virus herpes) yang juga tidak kunjung sembuh
  4. Pembengkakan kelenjar (di leher, ketiak, atau selangkangan) dengan atau tanpa infeksi aktif.
  5. Candidiasis, yaitu tanda-tanda putih (ruam) pada mulut, lidah, atau tenggorokan

 

Maka dari itu kita perlu berhati-hati dalam beraktifitas sehari-hari, karena virus ini sangat mudah menular. Kita harus jaga selalu kesehatan dan tidak lupa untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada sang pencipta, karena hanya Dia yang dapat menolong kita didunia ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s