Nama    : Rizky Abu Rizal

NPM      : 16110157

Kelas     : 2KA25

Senat mahasiswa

Adalah organisasi mahasiswa intra universiter yang dibentuk pada saat pemberlakuan NKK/BKK pada tahun 1987. Hingga tahun 1989, Senat Mahasiswa hanya ada ditingkat fakultas, sedangkan di tingkat Universitas di tiadakan. Di tingkat jurusan keilmuan dibentuk Keluarga Mahasiswa Jurusan atau Himpunan Mahasiswa Jurusan, yang berkoordinasi dengan Senat Mahasiswa dalam melakukan kegiatan intern. Pada umumnya Senat Mahasiswa dimaksudkan sebagai Lembaga Eksekutif, sedangkan fungsi legislatifnya dijalankan orang lain bernama Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM).

Senat Mahasiswa yang dimaksudkan adalah kumpulan para ketua-ketua Lembaga Kemahasiswaan yang ada : Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas, Ketua Umum BPM, dan Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa. Model seperti ini dibeberapa perguruan tinggi kemudian ditolak, dan dipelopori oleh UGM, Senat Mahasiswa memakai model student government.

Senat Mahasiswa menjelma menjadi Lembaga Legislatif, termasuk di tingkat Fakultas. Lembaga Eksekutifnya adalah Badan Pelaksana Senat Mahasiswa. Belakangan nama Badan Pelaksana diganti dengan istilah yang lebih praktis : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Awalnya BEM dipilih, dibentuk dan bertanggung jawab kepada Sidang Umum Senat Mahasiswa namun sekarang pengurus kedua institusi sama-sama dipilih langsung dalam suatu Pemilihan Umum.

Tujuan dari organisasi ini adalah turut serta membina dan meningkatkan disiplin belajar Mahasiswa, membina dan meningkatkan disiplin berperilaku yang sesuai dengan norma-norma perilaku sebagai manifestasi ketaqwaan dan keimanan kepada Allah Yang Maha Kuasa, melancarkan dan menyukseskan pelaksanaan program tridharma perguruan tinggi dan aktif berperan dalam pelaksanaan kegiatan ko-kurikuler dan   ekstra   kurikuler
Manfaat Senat Mahasiswa adalah menjadi wadah untuk menampung aspirasi dan keluhan yang disampaikan dengan pelaksanaan kurikuler ko-kurikuler yang disampaikan kepada Direkto Pelayanan Kegiatan Mahasiswa, menyelesaikan semua perbedaan persepsi, penafsiran dan pendapat mengenai sesuatu dengan menempuh jalan musyawarah dan melakukan pengarahan, koordinasi dan evaluasi pada pelaksanaan kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler.

Himpunan Mahasiswa Jurusan

Adalah Organisasi Mahasiswa intra kampus yang terdapat pada jurusan keilmuan dalam lingkup fakultas tertentu. Umunya bersifat otonom dalam kaitannya dengan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas seperti Senat Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan umumnya dalam konteks keilmuan, penalaran dan pengembangan profesionalisme. Nama lain Himpunan Mahasiswa  Jurusan adalah Keluarga Mahasiswa Jurusan. Sebagai contoh : Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Fakultas Ilmu Komputer).

Himpunan Mahasiswa Jurusan kelompok sejenis banyak yang membentuk jaringan dengan HMJ sejenis di Perguruan Tinggi lainnya, sehingga seperti juga Senat Mahasiswa maka ada ikatan Himpunan Mahasiswa Jurusan sejenis skala nasional. Sebut saja nama Ikatan Mahasiswa Komunikasi Indonesia yang menghimpun HMJ Komunikasi Fisip.

Tujuan dari organisasi ini adalah Sebagai wahana dan sarana (wadah) pengembangan diri serta aspirasi mahasiswa, membangun serta menciptakan organisasi yang sehat dan dinamis demi tercapainya tujuan bersama, serta Mendorong tumbuhnya daya eksplorasi dan kreatifitas mahasiswa. Manfaatnya adalah Mahasiswa dapat menyalurkan aspirasinya kedalam sebuah kegiatan terorganisai.

OSIS

OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itusetiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidakmempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadibagian / alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Manfaat OSIS :

  1. Meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air.
    3. Meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur.
    4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.
    5. Meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri.
    6. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
    7. Menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.

tujuannya adalah meningkatkan peranserta dan inisiatif para siswauntuk menjaga dan membina sekolah sebagai Wiyatamandala sehingga terhindar dariusaha pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional, menumbuhkan dayatangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar lingkungansekolah, memantapkan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam menunjangpencapaian kurikulum, meningkatkan apresiasi dan penghayatan seni, menumbuhkansikap berbangsa dan bernegara, meneruskan dan mengembangkan jiwa, semangat sertanilai-nilai 45, serta meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s