Nama     : Rizky Abu Rizal

Kelas      : 2KA25

NPM      : 16110157

Bahaya Internet dan Prospek Internet di Masa Depan

Bahaya Internet

Walaupun internet merupakan media ajaib yang memiliki banyak manfaat, tetapi jika digunakan dengan tidak benar dapat berbahaya. Ibarata pisau bermata dua, internet dapat menjadi media yang merugikan dan menyebabkan banyak kerusakan.

Hal-hal yang termasuk bahaya internet adalah :

  • Komputer yang terhubung ke dunia internet memiliki kecenderungan yang sangat tinggi untuk lebih rentan terhadap serangan virus, spam, Trojan, dan cracker. Selain itu, internet juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan kejahatan seperti hacking situs, hacking kartu kredit dan lainnya.
  • Internet memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan efektif. Jika informasi yang dikirimkan berupa informasi negatuf berupa propaganda kea rah pemikiran yang menyesatkan atau pornografi, maka internet akan menjadi media yang memungkinkan tersebarnya kerusakan dan dekadensi moral secara masal ke seluruh dunia.

Prospek Internet di Masa Depan

Internet merupakan teknologi yang selalu berkembang dengan dinamis. Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan ekspektasi pengguna internet maka para pakar akan terus meningkatkan kemampuan internet dengan inovasi-inovasi yang baru.

Teknologi internet merupakan teknologi yang sarat inovasi. Ketika pertama kali booming di Indonesia sejak tahun 1997, internet hanya digunakan untuk email dan browsing saja. Namun, saat ini internet sudah banyak memiliki fitur.

Untuk komunikasi videoconference saja, sekarang banyak perangkat lunak yang bisa digunakan, seperti NetMeeting, GnomeMeeting, Skype, Yahoo Messenger, Gaim, IRC, dan lainnya.

Jumlah pengguna internet pada tahun 2006 saja sudah mencapai satu miliyar. Data tersebut menjelaskan bahwa terknologi internet memang akan terus berkembang dan merasuki semua sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. Hal ini terlihat dari muculnya berbagai komunitas baru didunia maya, yang menunjukkan bahwa pengguna internet semakin hari semakin bertambah.

Tren internet ke depan adalah hadirnya akses internet yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, baik menggunakan komputer maupun peranti lainnya. Terbukti dengan adanya hotspot-hotspot area yang ada di berbagai tempat fasilitas umum seperti di terminal, bandara, cafe, warung makan, dan sebagainya. Pengguna yang mempunyai laptop dengan fitur koneksi nirkabel tetap dapat browsing internet, sambil makan atau menunggu di bandara. Bahkan, mungkin saja nantinya internet dapat diakses tanpa menggunakan komputer sama sekali. Contohnya, email yang diakses menggunakan ponsel, lalu halaman web diakses melalui PDA dan peranti-peranti mini lainnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s